Belajar komputer yang paling mudah dan menyenangkan tentu saja adalah Install dan Uninstall software, karena hasilnya dapat kita lihat dan rasakan secara langsung. Namun kesenangan itu sendiri membuat kita kurang waspada terhadap ancaman yang bersembunyi dibalik instalasi software tersebut. Beberapa ancaman seperti trojan, keylogger, worm hingga Ad-ware pun dapat mengancam data dan aktivitas menggunakan komputer. Bagi yang menggunakan komputer hanya untuk main game mungkin tidak terlalu merasa khawatir, namun apakah aman ketika kita menggunakan komputer untuk login di suatu situs atau kita membuat beberapa dokumen pribadi? (Masalahnya Aplikasi K-Lite Codec Pack instal software yang mengancam 😥 )

Jika kita ingin saling menyalahkan, mungkin kita sebagai pengguna dapat menyalahkan sang developer pembuat aplikasi karena dengan sengaja telah menyisipkan ancaman didalam aplikasinya. Namun, di sisi lain sang developer juga merasa perlu mendapatkan profit dari penggunaan aplikasi freeware-nya. Ya.. kita juga tak bijak ketika menganggap semua freeware berisi aplikasi yang berbahaya namun acap kali aplikasi berbahaya dicurigai di hampir semua produk gratisan / freeware.

Paradoks yang terjadi seperti di atas juga terjadi pada aplikasi yang paling banyak di instal untuk memutarkan video di komputer yaitu K-Lite Codec Pack. Awalnya, saya juga pengguna setia dari aplikasi K-Lite Codec Pack hingga masalah terjadi pada komputer saya yaitu ketika menghapus K-Lite Codec Pack ternyata komputer saya sama sekali tidak bisa memutarkan musik MP3. Mungkin masalah ini, tidak relevan dengan masalah di atas namun saat saya mendownload aplikasi terbaru dan meng-install-nya kembali ternyata aplikasi ini malah membawa aplikasi pihak ketiga yang juga ikut ter-install.

K-Lite Codec Pack tidak hanya install codec dan multimedia player classic saja, tetapi tersisipkan ad-ware yang mampu menginstal aplikasi lain tergantung siapa yang bayar

Beruntung aplikasi yang terinstall adalah aplikasi antivirus yang sebenarnya saya juga ‘engga’ butuh karena sudah ada aplikasi yang saya lebih percaya dibandingkan Ad-Aware yang terinstal. Setelah itu saya coba cek di situs riset antivirus di av-test.org, Kok saya tidak melihat Ad-Aware Web Companion yang dimaksud ya..? Peringkat berapa dia?

Aplikasi K-Lite Codec Pack menginstal Antivirus yang tidak ada di peringkat antivirus kok tidak ada? Ad-Aware Companion

Timbul curiga, apakah kemungkin Ad-Ware yang terinstal adalah aplikasi boneka? Dimana didalamnya ada ancaman? Nah dari sinilah saya memutuskan berhenti dari K-Lite Codec Pack dan beralih menggunakan Advanced Shark Codec. Advanced Shark Codec berbeda dengan K-Lite Codec Pack, sebab codec yang terinstal adalah codec yang diperlukan bukan mengganti codec yang sudah ada di Sistem Operasi Windows. Sehingga ketika di uninstall, codec yang bawaan dari Sistem Operasi Windows tetap berfungsi tanpa ada settingan yang berarti. Lebih jauh mengenai Advanced Shark Codec akan ditulis pada artikel berikutnya. Sekian artikel ini dibuat, terima kasih Anda telah membaca blog ini. Salam senyum.. 🙂


0 Comments

Beri Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: