Kebutuhan web programmer untuk membuat prototipe mengharuskan sebuah perangkat untuk menjadi server atau host. Cara paling cepatnya ialah dengan menginstal paket web server. Di internet ada banyak sekali paket web server untuk kebutuhan localhost seperti XAMPP, WAMP dan lain sebagainya. Hanya saja karena kendala teknis membuat pemasangan webserver seperti XAMPP / WAMP menjadi hal yang rumit. Salah satu kendala yang umum dialami adalah Apache yang tidak bisa jalan di komputer. Padahal server lain (seperti : Phpmyadmin, tomcat, FileZilla) jalan tanpa ada masalah.

Masalah Apache yang tidak bisa start tersebut paling sering disebabkan karena port yang digunakan untuk menjalankan server Apache sudah digunakan oleh aplikasi lain sehingga mengharuskan pengguna untuk mengubah port atau menghapus aplikasi lain yang menggunakan port yang sama.

Ada beberapa Aplikasi yang menggunakan port sama seperti XAMPP atau WAMP untuk menjalankan Apache server, seperti Skype, aplikasi virtualization (VMWare atau VirtualBox) dan lain sebagainya. Sekedar informasi, port yang digunakan Apache defaultnya ialah 80 (main port) dan 443 (SSL port). Kedua port ini memang umum dipakai oleh banyak aplikasi sehingga memungkinkan port tersebut sangat sibuk dan Apache tidak bisa jalan. Solusi yang paling masuk akal untuk mengatasinya ialah mengubah port yang digunakan Apache ke port yang jarang digunakan. Bagaimana langkah-langkahnya?

  1. Buka file httpd.conf di folder instalasi XAMPP atau WAMP dikomputer. Kebetulan saya menggunakan XAMPP, cukup masuk ke direktori C:\xampp\apache\conf\ kemudian edit file httpd.conf menggunakan aplikasi notepad.
  2. Cari kata “Listen 80” dan ubahlah menjadi “Listen 8080“.
  3. Masih di file yang sama, carilah kata “ServerName localhost:80” kemudian ubahlah menjadi “ServerNamelocalhost:8080“.
  4. Lalu Simpan.
  5. Selanjutnya, buka file httpd-ssl.conf di C:\xampp\apache\conf\extra\.
  6. Carilah kata “Listen 443” dan ubah menjadi “Listen 4499“.
  7. Masih di file yang sama, dan carilah kata “virtualhost_default_:443” kemudian ubahlah menjadi “virtualhost_default_:4499
  8. Masih di file yang sama, carilah kata “ServerName www.example.com:443” dan ubahlah menjadi “
    ServerName www.example.com:4499
  9. Sekarang jalankan XAMPP Contol Panel, lalu klik Start pada Apache. Jika muncul peringatan di kotak detail bagian bawah “Apache started [port 80]“, maka bukalah browser dan arahkan ke alamat http://localhost:8080/xampp. Jika berhasil maka Web Service Apache tersebut telah berjalan di port 8080.

Beres deh. Mudah-mudahan tutorial ini membantu sebab saya sendiri sudah mencobanya dan berhasil. Ini screenshot saya sebelum dan sesudah mengganti port agar Apache saya bisa jalan dengan lancar. Selamat ngoprek dan jangan lupa senyum hari ini.

Aplikasi Apache yang tidak bisa start
Nah ini sesudah mengganti Port, Server Apache bisa jalan. Terlihat penyebabnya ialah port yang digunakan Apache telah terpakai oleh Aplikasi VMWare. Dan karena sudah menggunakan cara di atas, aplikasi Apache tetap bisa jalan menggunakan different port atau port yang berbeda (utk SSL Port:4499 dan Main Port :8080).
Karena Port-nya ganti, maka untuk mengunjungi Localhost harus menggunakan port 8080, caranya ketik “localhost:8080” (tanpa tanda kutip) seperti gambar.
Categories: Uncategorized

0 Comments

Beri Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: